Jumat, 08 Februari 2013 - 11:20:59 WIB
Pilih Jadi Master Apa?
Diposting oleh : Administrator
Kategori: study - Dibaca: 451236 kali

JAKARTA - Selain bekerja, pilihan yang banyak diambil lulusan sarjana adalah langsung melanjutkan pendidikan di program magister. Tujuannya, tentu saja mendapatkan titel akademik "master".

Selain bergengsi, gelar master juga dapat mempengaruhi kemajuan karier kita di dunia kerja. Dipadukan dengan kinerja yang baik, promosi pun di depan mata.

Biasanya, kita mengambil gelar master sesuai dengan latar belakang pendidikan sarjana. Prinsip ini terutama berlaku bagi mereka yang berencana menjadi pengajar di perguruan tinggi. Tetapi ada juga yang mengambil kuliah magister di bidang karier yang sedang mereka tekuni untuk meningkatkan keterampilan, profesionalisme, dan pastinya nilai jual di mata perusahaan.

Berikut beberapa gelar master yang populer diambil masyarakat, seperti dilansir Gradschools.com, Rabu (6/2/2013).

Master of Arts (M.A.)

Pemegang gelar ini merupakan lulusan dari bidang studi humaniora seperti sastra dan sejarah. Namun, beberapa kampus menawarkan gelar M.A. untuk ilmu sosial seperti psikologi atau sosiologi.

Master of Science (M.Sc.)

Gelar ini mengacu kepada para lulusan bidang sains, termasuk juga bidang ilmu sosial seperti komunikasi. Program magister sains ada yang dihelat dengan basis kuliah-ujian, riset, atau kombinasi keduanya.

Master of Business Administration (MBA)

Ketika kuliah S-2, pemegang gelar MBA memfokuskan kajiannya pada beragam variasi area bisnis seperti akunting, keuangan, marketing dan sumber daya manusia (SDM).

Master of Fine Arts (M.F.A.)

M.F.A adalah gelar akademik di bidang seni visual, seni kreatif, atau seni pertunjukan. Program magister dalam bidang ini biasanya identik dengan banyak proyek pertunjukan. 

Master of Engineering (M.Eng.)

Gelar ini merujuk kepada program pendidikan teknik lanjutan yang dikemas secara profesional sebagai alternatif dari pendidikan teknik berbasis riset yang melahirkan Master of Science (M.Sc.).
 
Master of Music (M.Mus.)

Lulusan program magister dalam bidang pertunjukan musik, komposisi, atau kondukting akan mendapatkan gelar M.Mus. Studi lanjutan ini biasanya fokus pada teori dan sejarah musik.(rfa)
 
(Sumber : Kampus.okezone.com)
 



0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)