Kamis, 07 Februari 2013 - 10:07:19 WIB
UNS Tetap Berikan Dispensasi Uang Kuliah
Diposting oleh : Administrator
Kategori: beasiswa - Dibaca: 1211846 kali

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memastikan mahasiswa masih bisa mendapatkan keringanan pembayaran. Kendati UNS menerapkan sistem pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT), mahasiswa bisa mendapatkan keringanan pembayaran dengan sejumlah mekanisme.

Rektor UNS Prof Dr Ravik Karsidi MS, menegaskan Surat Keputusan (SK) yang mengatur tentang dispensasi pembayaran, sumbangan penunjang pendidikan (SPP), biaya pengembangan institusi (BPI) untuk mahasiswa jenjang S1 belum dihapus setelah pemberlakuan UKT.

SK yang dimaksud adalah SK Rektor UNS No 557/J27KM/2004 tentang Pedoman Pemberian Dispensasi  Pembayaran, SPP, BPI bagi Mahasiswa UNS Program S1 Reguler Jalur SPMB Nasional dan PMDK.

"Untuk bisa mendapatkan dispensasi tersebut mahasiswa harus memenuhi ketentuan - ketentuan," katanya.

Ia mencontohkan mahasiswa yang memiliki masalah tiba-tiba, misalnya keluarganya terkena musibah bencana alam. Mahasiswa itu bisa mengajukan dispensasi.

Selain itu, keluarga mahasiswa yang tersandung masalah politik hingga kebangkrutan juga bisa mendapatkan keringanan.

Selain wajib memenuhi berbagai syarat, mahasiswa juga harus memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada universitas sebelum mengajukan dispensasi.

Sebab, jika terlambat membayar SPP akan merugikan mahasiswa sendiri. Ravik menjelaskan pada Tahun Akademik 2012/2013, ada 1.030 mahasiswa yang mendapatkan beasiswa tersebut.

Lebih lanjut, Ravik mengatakan, tahun lalu UNS juga menghapus uang pangkal dari mahasiswa baru (UKT) bersamaan dengan penerapan UKT.(sumber : Suara Merdeka, 6 Feb 2013)

 
 



    0 Komentar :


    Isi Komentar :
    Nama :
    Website :
    Komentar
     
     (Masukkan 6 kode diatas)